Alasan-Alasan Reksadana Lebih Baik Dari Emas

Investasi Reksadana kalah terkenal dari emas. Tidak sedikit yang tak tahu jika Reksadana sebetulnya mempunyai banyak keunggulan daripada emas. Satu diantaranya, keuntungan yang kian besar.

Menurut survei, warga yang menyimpan hartanya di emas hingga 60%. Sedangkan, Reksadana dipunya kurang dari 5% warga. Perbedaannya lumayan mencolok.

Sejatinya keadaan ini wajar sebab emas sudah dikenal. Banyak orang tua memberi ajaran kepada anak–anaknya sejak dini utk menabung kedalam bentuk emas. Persepsi emas menjadi safe heaven investasi telah tertanam di benak tidak sedikit orang. Sedangkan, Reksadana baru muncul, sejalan dengan kehadiran pasar modal serta bursa saham. Padahal, banyak kelebihan Reksadana daripada emas. Keunggulan yang nampaknya masih jarang diungkap kepada masyarakat.

Return Reksadana   Emas

Mencetak benefit atau return ialah tujuan berinvestasi. Maka, komparasi return merupakan hal pertama yang harus dicermati saat menyeleksi investasi.

Berikut perbandingan return dalam Lima tahun terakhir, yang tercatat di Bloomberg, antar Reksadana Obligasi serta harga Emas (dalam USD). Didalam rupiah, harga emas bakal lebih tinggi sebab apresiasi rupiah kepada USD. Tapi, return Emas tetap dibawah dari Reksadana obligasi dalam Lima tahun terakhir.

Dipilih Reksadana Obligasi sebab mempunyai profil resiko yang setimpal dengan Emas. Bila digunakan Reksadana saham, komparasi akan kurang akurat sebab saham mempunyai resiko yang sedikit tinggi.

Hasil komparasi menunjukkan bila keuntungan emas merosot alias stagnan, sedangkan keuntungan Reksadana Obligasi naik.

Min Investasi Reksadana Kecil

Berapa minimum investasi emas?

Menurut data di web PT Aneka Tambang, harga ukuran Logam Mulia ialah Rp 553,000 /gram. Artinya, utk mampu membeli Emas, kalian harus mempunyai uang minimal Rp 500 ribuan. Itu tidak termasuk biaya sewa menympan emas. Di Reksadana, kalian dapat mulai berinvestasi dari angka Rp 100,000 pada fasilitas online.

Tanpa Risiko Hilang Reksadana

Emas mempunyai risiko hilang sebab berwujud fisik. Lantaran itu, kalian musti memastikan keamanan penyimpanannya. Reksadana tak ada wujud fisiknya. Peran penyimpanan harta Reksadana, semacam bunga, deviden, diserahkan pada bank kustodian. Bank kustodian merupakan pihak yang dikasih tanggung jawab guna mengelola dan menjadi wadah harta reksadana. Kalian sebagai investor tak perlu pusing dan khawatir tentang penyimpanan harta Reksadana.

Tidak Perlu Biaya Penyimpanan

Terkait poin 3 tadi, kalian musti bayar tambahan biaya menyimpan emas. Emas tak bisa diletkkan di sembarang tempat. Umumnya emas ditaruh di Safe Deposit Box yang tempatnya berada di bank. SDB ialah lemari besi dari ukuran kecil hingga besar.

Biaya sewa SDB tak kecil dan harus dibayar tiap tahun. Yang kami sempat alami, biaya sewa sekitar 400 hingga 500rb /tahun utk ukuran kecil. Bisa dikatakan harga sewa tiap tahun naik. Di Reksadana, investor tak pusing memikirkan biaya tambahan utk penyimpanan. Seluruh harta Reksadana disimpan di Bank Kustodian. Fee dari bank kustodian terbagi rata ke seluruh pemegang investasi Reksadana hingga jumlahnya cukup kecil.

Diversifikasi Investasi

Apa yang kalian kerjakan bila harga emas anjlok? Pilihannya tak banyak. Bertahan atau menjual emas utk menghidari kerugian. Singkatnya, tak ada diversifikasi didalam investasi emas. Di Reksadana, diversifikasi merupakan salah satu keunggulannya. Uang kalian di Reksadana tak ditanam cuma ke satu saham ataupun obligasi tapi ke berbagai jenis saham maupun obligasi yang berbeda. Hingga resikonya jadi lebih rendah. Misalnya kata pepatah keuangan yang ngetop, “Do not put all your eggs in one basket”.

Dikelola Manajer Investasi

Keputusan investasi emas, utk menjual ataupun membeli, dilakukan oleh kalian sendiri. Kalian dituntut mempunyai kemampuan menganalisa pergerakkan harga emas.

Bukanlah pekerjaan yang gampang. Dituntut skill serta pengetahuan investasi. Di Reksadana, investor menyerahkan management dana pada professional, yakni Manajer Investasi. Manajer Investasi merupakan pihak yang mempunyai pengalaman, keahlian, kredibilitas serta mendapatkan ijin oleh OJK untuk mengatur dana investasi.

Transaksi Mudah Reksadana Online

Bagaimana proses jual emas? Paling utama, kalian harus memetik fisik emas itu dari tempat penyimpanan. Setelah emas diambil, kalian datang ke toko emas utk menjual. Sehabis itu, kalian mendapat uangnya dan masih harus ke bank ataupun ATM untuk setor uang tersebut. Dalam beli emas prosesnya sama panjang. Proses pencairan investasi di Reksadana sangat mudah. Kalian tak perlu beranjak pergi. Cukup mengerjakan semua perintahnya melalui internet sebab lewat pelayanan transaksi jual beli Reksadana dengan online.